Sabtu, 01 November 2008

Mari Memanjat Tebing


Onside


Oleh: Derri Nurdiana
Biro Vertical Rescue FPTI Kabupaten Bogor
Fhoto By, Kens

FPTI News, Begitu cepat kemajuan dunia panjat tebing di tanah air ini, namun kemajuan tersebut hanya pada panjat dinding (papan buatan) sebagai olahraga yang sering dipertandingkan. Tidak terlepas dari itu panjat tebing sebagai awal terbentuknya panjat dinding dan badan resmi yang diberi nama FPTI sedang mengalami kemunduran baik dari peminat maupun dari media tebing itu sendiri. Selain karena medan yang dihadapi sulit dan ekstrem, kesan panjat tebing sendiri lebih dari sekedar ajang penjudian nyawa, sehingga orang berpikir seribu kali untuk melakukanya.

Kerakusan manusia terhadap Sumber Daya Alam, batuan tebing pun tidak terlepas dari mangsanya untuk memenuhi kantong-kantong sakunya hanya sekedar satu kata ”KEKAYAAN”, sehingga untuk sekarang ini sulit mempertahankan aset kita sebagai tempat latihan. Begitu juga terdapat kesulitan untuk melihat dan menemukan potensi tebing-tebing baru untuk dapat dipakai dan dijadikan ajang tempat berlatih.

Potensi tebing yang ada di Kabupaten Bogor cukup banyak sekali mulai dari Bogor bagian barat, timur, utara dan selatan. Namum baru beberapa saja yang diketahui dan dapat digunakan sebagai ajang latihan, diantaranya tebing Ciampea dan tebing Kelapa Nunggal. Padahal masih banyak lagi tebing-tebing yang ada dan mungkin menunggu untuk dilihat dan dijadikan ajang kumpul serta latihan para climber.

Selain potensi tebing yang ada di Kabupaten Bogor cukup banyak, sumber daya manusianya sendiri tidak bisa dianggap sebelah mata dan dijadikan hambatan untuk mengetahui dan mempelajari tentang panjat tebing. Karena sebetulnya sumber daya manusia yang dimiliki oleh Kabupaten Bogor khususnya oleh FPTI itu cukup mampu di bidang tersebut, sebut saja Kang Deden, Kang Oele, Kang Roses dan yang lainnya.


Potensi dan kemampuan yang mereka miliki bisa dijadikan ajang pembelajaran bersama dalam mempelajari panjat tebing baik dari jenis batuan tebing itu sendiri maupun cara pembuatan jalurnya, sehingga dalam pembelajaran tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kita yang belum tahu tentang panjat tebing...Sooo, kapan ni kita belajar bareng nya ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar