Selasa, 14 Oktober 2008

Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan


Tandus

FPTI News, Mungkin pembaca sudah tidak aneh lagi dengan istilah hubungan kausal. Hubungan kausal saya artikan sebagai hubungan timbal balik yang menunjukan jelas bahwa ada akibat karena sebab yang dilakukan. Setiap pertemuan ada perpisahan, ada siang ada malam, dan setiap kegelapan ada terang benderang, begitu juga kesuiltan. Dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan, begitu juga seterusnya dan sebaliknya.

Saya selalu berusaha menyampaikan kabar gembira kepada malam hari bahwa sang fajar pasti akan datang kembali esok hari ketika gelap malam sirna dari puncak-puncak gunung dan dasar lembah saya coba kabarkan juga kepada orang yang sedang dilanda kesusahan bahwa pertolongan akan datang secepat kedipan mata, juga kepada orag yang ditindas bahwa kelembutan dan dekapan hangat akan segera tiba.

Saat saya melalui hamparan padang tandus dan perbukitan, terlihat seolah memanjang tanpa batas dan sempat membuat semangat ini sirna. Setelah saya ketahui dibalik kejauhan itu terdapat kebun rimbun penuh hijau dedaunan, seakan saya tidak merasa lelah untuk melewati hamparan padang tandus dan perbukitan untuk tiba di kebun rimbun yang di penuhi hijau dedaunan. Yakinilah bahwa setiap tangisan pasti akan berujung dengan senyuman, kekuatan akan berakhir dengan rasa aman, dan kegelisahan akan berganti dengan kedamaian.

Jangan pernah merasa terhimpit sedikitpun, karena setiap keadaan pasti berubah. Hari demi hari akan terus bergulir, tahun demi tahun selalu berganti, malam-malam pun datang silih berganti. Meski demikian yang ghaib akan tetap tersembunyi, dan Sang Maha Bijaksana tetap pada keadaan dan segala sifat-Nya. Allah mungkin akan menciptakan sesuatu yang baru setelah itu semua. Tetapi sesungguhnya, sesudah kesulitan itu tetap akan muncul kemudahan (Kens).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar