Senin, 20 Oktober 2008

Polisi Tangkap Atlet Panjat Tebing

FPTI News, Aan Aviansyah, (18) atlet muda asal Surabaya terpaksa harus menjalani pemeriksaan di Polsek Gubeng pada (18/10) malam. Aan terpaksa harus bermalam di Polsek Gubeng lantaran kedapatan ikut pesta minuman keras bersama sembilan teman sekolahnya di emperan Jl Barata Jaya I, Surabaya. Aan adalah atlet panjat tebing junior yang namanya sedang merayap naik di kalangan pemanjat dunia.

Nama Aan kini menjadi salah satu sorotan dunia panjat tebing khususnya dalam kelompok junior. Bisa dikatakan ia menjadi 'raja' dalam kelompok umur di Indonesia dan Asia. Terakhir kali dalam kejuaraan panjat tebing junior Asian Youth Championship 2008 di Bali bulan lalu ia memborong medali emas dalam kategori speed dan boulder. Dan ia juga pernah menduduki peringkat tujuh kejuaraan dunia panjat tebing junior di Sydney, Australia, September lalu.

Remaja yang kini duduk di bangku SMA itu kerap kali menggondol gelar juara dalam berbagai kejuaraan panjat tebing mulai dari tingkat regional, nasional hingga internasional. Tetapi ternyata dibalik prestasinya itu ia juga suka mengkonsumsi minuman keras. “Gimana lagi, reuni sama teman-teman SMA. Diajak patungan beli minum ya ikut saja,” ujarnya enteng. Bukan Cuma itu, Sebelumnya ia juga pernah berurusan dengan polisi karena diduga terlibat kasus pengeroyokan.

Kanitreskrim Polsek Gubeng, Iptu Agung Widoyoko, baru tahu setelah melakukan pemeriksaan bahwa satu dari 10 pelajar yang kedapatan sedang pesta miras itu adalah Aan Aviansyah, yang tidak lain adalah seorang atlet andalan KONI Jatim yang sempat mengukir prestasi ditingkat dunia. “Masak juara dunia kok nggak kelihatan gitu?” ujar Iptu Agung.


Namun Aan masih beruntung. Lantaran apa yang dilakukan Aan dan kesembilan temannya hanya merupakan tipiring (tindak pidana ringan), maka dia tidak sampai masuk ruang tahanan Polsek. “Kami hanya memanggil orangtua mereka, lalu kami suruh buat pernyataan agar tidak mengulangi lagi,” kata Kapolsek Gubeng, AKP Dwi Eko Budi kepada FPTI News melalui telepon celular.


Aan yang kini sekolah di SMA GIKI 3 Klampis, setelah sebelumnya sempat sekolah di SMA 17 Agustus, mengenal dunia panjat tebing ketika masih SD pada tahun 1999. Aan dengan cepat menyerap ilmu panjat tebing yang ditekuni, dan dengan waktu yang singkat ia pun mulai menjelajahi berbagai kompetisi panjat tebing kelompok junior di tanah air. Berkat prestasinya pula Aan mendapat dukungan menjadi salah satu atlet binaan sekaligus duta produsen peralatan adventure ternama di tanah air (Kens).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar