Minggu, 19 Oktober 2008

Indonesia Supervolcano Mountaineering Challenge 2008 (ISVMC 08).

FPTI News, Untuk yang pertama kali di Indonesia berlangsung sebuah kegiatan yang dikhususkan bagi para pendaki gunung dalam mengadu keterampilan, kecepatan, kerjasama tim dan ketahanan fisik selama 15 hari dalam sebuah perlombaan yang diberi nama Indonesia Supervolcano Mountaineering Challenge 2008 (ISVMC 08).

ISVMC 08 akan diselenggarakan pada 14-28 Oktober 2008, di kawasan Gunung Tambora (yang berketinggian 2.850 mdpl) dan Gunung Rinjani (yang berketinggian 3.726 mdpl), di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

ISVMC 08 adalah suatu perlombaan yang dikemas dalam satu bentuk lomba yang memadukan unsur keterampilan mendaki gunung, meliputi keterampilan dalam mencari titik sasaran dengan menggunakan peta dan kompas (navigasi), kecepatan, ketahanan dan kerjasama dalam mendaki gunung (hiking) dan peguasaan dalam menggunakan peralatan khusus untuk menuruni dan menaiki jurang (teknik ascending dan descending/rope technique).

ISVMC 08 diselenggarakan oleh Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) untuk tujuan mengembangkan konservasi gunung dan ekowisata berbasis mountaineering, bekerjasama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan Pemerintah Provinsi NTB.

ISVMC 08 berlangsung dalam 2 seri untuk memperebutkan trofhi Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Gubernur NTB dan Federasi Mountaineering Indonesia serta total hadiah sebesar 70 juta rupiah. Peserta adalah tim beranggotakan 3 orang (putra, putri atau campuran) dan menguasai keterampilan yang diperlombakan.

Penyelenggaraan ISVMC 08 juga dimaksudkan untuk mendukung Visit Indonesia Year serta memperingati Hari Sumpah Pemuda dan 100 tahun Kebangkitan Nasional.

Event ISVMC akan diselenggarakan setiap tahun di gunung-gunung api seluruh Indonesia dan direncanakan menuju taraf internasional sehingga icon ISVMC menjadi promosi wisata gunung Indonesia di dunia internasional(*Kens).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar