Senin, 21 Juli 2008















SPIDER CLIMBING SCHOOL

Wadah Spiderman Cilik Beraksi

Oleh: Kendysandiego

FPTI News, Maraknya perkembangan olahraga panjat tebing di Kabupaten Bogor kini bukan hanya konsumsi orang dewasa saja, tidak dapat dipungkiri bahwa kini anak-anak kecil pun mulai tertarik dengan kegiatan yang penuh tantangan ini. Kegiatan panjat tebing yang di pandu oleh instruktur khusus adalah salahsatu solusi bagi anak-anak yang mempunyai minat dan bakat memanjat.

Dalam beberapa dekade terakhir, Federasi Panjat Tebing Indonesia Pengurus Cabang Kabupaten Bogor membuka sekolah panjat tebing (Spider Climbing School) yang programnya dirancang untuk anak-anak mulai dari usia 9 tahun sampai 14 tahun guna mewadahi para anak-anak yang ingin berprestasi maupun hanya sekedar menyalurkan hobinya saja.

Menurut Biro Pelatih FPTI Kabupaten Bogor, Kristy Wenas “bahwa gerakan yang diajarkan kepada anak untuk dapat memanjat tebing yaitu melalui gerakan dasar yang dilatih untuk mampu melakukan keterampilan fisik mulai dari menggenggam, meraih, kemudian dilanjutkan dengan latihan yang lebih kompleks seperti gerakan-gerakan memanjat tebing atau dinding dengan tingkat kesulitan dan karakter tebing yang berbeda-beda.

Banyak sekali pelajaran yang akan didapat dengan mengikuti Spider Climbing School, Tambah Kristy, baik yang secara tersistem maupun yang otomatis. Selain diajarkan bagaimana cara memanjat yang benar dan aman, siswa juga dikenalkan dengan perlengkapan memanjat dinding maupun tebing dan kegunaannya.

Spider Climbing School di pusatkan di lapangan Tegar Beriman komplek Pemda Kabupaten Bogor, hanya dengan mengeluarkan uang pendaftaran Rp. 50.000 dan iuran bulanan Rp. 35.000/anak, maka siswa dapat mengikuti latihan sebanyak tiga kali pertemuan dalam satu minggu selama 3 jam dengan waktu pertemuan yang disesuaikan oleh kegiatan belajar siswa. Selain itu juga siswa mendapat seragam latihan.

Dikatakan Kepala Bidang Penelitian Dan Pengambangan FPTI Kabupaten Bogor, Hirjamiat Sholihat “bahwa rencana ke depan Federasi Panjat Tebing Indonesia Cabang Kabupaten Bogor akan membuka sekolah panjat tebing (Spider Climbing School) ini di tiap wilayah se Kabupaten Bogor. Mengingat Kabupaten Bogor mempunyai potensi yang sangat besar untuk calon-calon atlit panjat tebing.

Kebugaran sanagt penting bagi anak, karena kebugaran dapat menunjang anak untuk melakukan aktifitas dan bereksplorasi. Kebugaran dapat diperoleh dengan cara mengikuti sekolah panjat tebing. Anak tidak dipaksakan untuk memanjat tebing kecuali atas dasar keinginannya sendiri. Dan di dalam melakukan kegiatan apapun apabila dalam situasi yang nyaman dan menyenangkan, maka di situlah proses tumbuh kembang anak dapat ditingkatkan secara optimal.(Kens)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar