Selasa, 22 Juli 2008

Sekilas Tentang Panjat Tebing















FPTI News,
Panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang mempunyai unsur petualangan dan tantangan, olah raga ini mulai dikenal di Indonesia sejak awal 1980an. Pada saat ini olahraga panjat tebing sudah dikenal dikalangan luas bahkan merupakan salahsatu olah raga yang di lombakan pada Pekan Olahraga Nasional.

Selama ini mungkin yang ada di benak sebagian orang bahwa kegiatan panjat tebing adalah olahraga yang berbahaya dan mempunyai resiko kecelakaan yang sangat besar karena berhubungan dengan ketinggian. Perlu diketahui, bahwa olahraga panjat tebing sebenarnya merupakan olahraga yang aman apabila kita memahami Standard Operating Prosedure (Sop).

Mengendarai kendaraan roda 2 misalnya, mungkin tidak begitu membahayakan menurut pandangan sebagian orang bahkan dengan kecepatan tinggi dan tanpa pengaman di kepala sekalipun. Dalam melakukan pemanjatan tebing atau dinding panjat diatas 4 meter, climber harus selalu mengunakan pengaman standar internasional yang mendapat lisensi dari Union Internationale Dess Associations D’ Alfinisme The International Union Of Alpinist Association (UIAA).

Dalam kegiatan panjat tebing, sebagian besar kecelakaan dikarenakan kesalahan persoonnya (human eror), maka itu masalah pemasangan pengaman harus sangat diperhatikan. Apabila terjatuh dari sepeda motor maka tubuh kita akan langsung terbanting ke aspal atau media lainnya. Tetapi apabila terjatuh saat melakukan pemanjatan, pemanjat akan menggantung pada tali dan pengaman yang digunakan. Itu menandakan olahraga panjat tebing adalah olahraga yang paling aman dibandingkan olahraga ekstreme lainnya.

Kegiatan olahraga panjat terbagi 3, yaitu panjat tebing pendidikan, panjat tebing prestasi dan panjat tebing rekreasi. Panjat tebing pendidikan yaitu diarahkan sebagai satu kesatuan yang sistematis dan berkesinambungan dengan sistem pendidikan nasional, yang dapat dilakukan pada jalur formal dan non formal melalui kegiatan intra kulikuler dan ekstra kulikuler.

Panjat tebing prestasi yaitu kegiatan yang dilaksanakan dan diarahkan untuk mencapai prestasi pada tingkat daerah, nasional dan internasional yang merupakan hak semua negara yang dilaksanakan melalui pembinaan dan pengembangan secara terencana, berjenjang dan berkelanjutan yang bertujuan menumbuhkan, menjaga dan meningkatkan prestasi.

Sedangkan dalam kegiatan panjat tebing rekreasi lebih diarahkan untuk memasalkan kegiatan panjat tebing alam sebagai upaya mengembangkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan dan hubungan sosial. Kegiatan petualangan panjat tebing semacam ini juga diharapkan dapat meningkatkan kekayaan budaya yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan melestarikan alam.

Kegiatan panjat tebing di Indonesia merupakan wujud nyata dari dinamika warga Negara Indonesia yang dengan sadar menghimpun dirinya dalam berbagai organisasi yang dalam aktivitasnya mengandung unsur kegiatan panjat tebing, maka dari itu perlu adanya keteraturan dan kesatuan arah gerak kegiatan panjat tebing secara umum di seluruh wilayah Republik indonesia.

Tujuan akhir dari kegiatan panjat tebing di Indonesia adalah turut membangun dan mengangkat harkat martabat bangsa melalui kegiatan panjat tebing. Berkaitan dengan hal tersebut insan panjat tebing di Indonesia sepakat dan ketetapan hati untuk membentuk dan mendirikan suatu organisasi dalam bentuk Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

Jenjang keorganisasian FPTI mulai dari tingkat Nasional, tingkat Provinsi dan Daerah seperti Kabupaten dan Kotamadya. Pengurus tingkat Nasional disebut dengan Pengurus Pusat (PP) yang membawahi Pengurus Daerah (Pengda) pada setiap provinsi. Sedangkan Pengurus Daerah membawahi Pengurus Cabang (Pengcab) setiap Kabupaten dan Kotamadya. Sedangkan Pengurus Cabang mempunyai anggota yaitu organisasi pecinta alam dari berbagai tingkatan yang mendaftarkan diri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di dalam AD ART FPTI.

Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Bogor merupakan salahsatu pengurus cabang yang berada di bawah Pengurus Daerah Jawa Barat. Sampai dengan saat ini FPTI Kabupaten Bogor tetap eksis dalam menjalankan kegiatan-kegiatan, baik itu petualangan, pembinaan prestasi maupun memasyarakatkan olahraga panjat tebing di Kabupaten Bogor. FPTI Kabupaten Bogor dalam menjalankan program kerja dibantu oleh para anggotanya, yaitu club-club pecinta alam yang dengan sengaja mendaftarkkan diri menjadi anggota FPTI (Kens).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar