Rabu, 18 Februari 2009

Potensi Dan Investasi Di Kabupaten Seruyan Bagian 1


'Semangatmu' Seorang Nenek sedang meneguk sebotol air minum kemasan di sudut Ibu Kota Kuala Pembuang, terlihat dari raut wajahnya seolah ia tak pernah merasa lelah meski usia tak muda lagi /Foto By Kens.

Saya akan mengutarakan apa yang saya dapat setelah melakukan perjalanan panjang di tengah kalimantan yang banyak tertutup hutan. Banyak tersimpan keaneka ragaman di wilayah ini yang dapat dibilang potensi dan peluang untuk melakukan investasi. Tulisan ini akan disajikan dengan kepiawaian kata-kata secara bersambung, untuk sajian pertama penulis akan mengajak kearah perkenalan.


FPTI News, Kabupaten Seruyan lebih dikenal dengan sebutan Bumi Gawi Hatantiring, yang berarti kesamaan dalam membangun daerah. Kabupaten Seruyan merupakan salahsatu dari 14 Kabupaten dan Kota yang berada di provinsi Kalimantan Tengah, yang mempunyai luas wilayah 16.404 persegi /11,6 % dari luas wilayah Kalimantan Tengah.

Kabupaten Seruyan dengan Ibukotanya Kuala Pembuang dibentuk berdasarkan Undang-undang No 5 tahun 2002 bersamaan dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah, yang saat itu diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 2 Juli 2002.

Secara geografis kabupaten Seruyan terletak di katulistiwa antara 115 drajat bujur timur dan 45 drajat lintang utara, serta 133 lintang selatan. Daerah ini merupakan daerah yang memiliki iklim tropis, dengan suhu udara rata-rata 29 drajat celcius dan temperatur tertinggi 34 drajat celcius. Tercatat curah hujan rata-rata 13,8 hari setiap tahunnya.

Kabupaten Seruyan sebagaimana Kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah mempunyai catatan sejarah yang cukup panjang. Yaitu sudah ada sejak tahun 1880, yang saat itu terdiri dari 13 kampung dengan kedudukan pemerintahan di Kota sampit. Hingga saat ini Kabupaten seruyan terdiri dari 5 Kecamatan, yaitu, Seruyan Hilir, Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Tengah, dan seruyan Hulu (Kens).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar