Rabu, 25 Februari 2009

Potensi&Investasi Di Kabupaten Seruyan (Bagian 2)


Potensi Sektor Perkebunan.

"peran investor sangat di harapkan, yang pada akhirnya dapat mempercepat pembangunan di daerah ini".

FPTI News, Pada edisi kedua tulisan yang berjudul Potensi&Investasi di Kabupaten Seruyan ini, penulis mengajak pembaca melirik pada sektor perkebunan, yang mana kita ketahui di daerah ini mempunyai sumber daya alam yang sangat berlimpah di sektor perkebunan yang dapat dijadikan sasaran untuk melakukan investasi.

Sebagai Kabupaten yang baru berkembang, Seruyan selalu melakukan upaya mensejajarkan diri dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan, dengan cara menetapkan strategi pembangunan yang telah dituangkan dalam visi dan misinya yaitu, terwujudnya masyarakat Seruyan yang beriman dan bertaqwa.

Jumlah penduduk di Kabupaten Seruyan yang tersebar di lima kecamatan, yaitu Seruyan Hilir, Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Tengah, dan Seruyan Hulu, menurut hasil coklit P4B tahun 2004 mencapai 102.944 jiwa, sedangkan jumlah kepadatan penduduk adalah 6 jiwa/km kubik, dan perimbangan laki-laki terhadap perempuan (sex ratio) adalah 109 jiwa.

Dengan pelan tapi pasti, Kabupaten Seruyan terus berbenah diri dalam membangun sektor strategis, dengan tujuan agar masyarakatnya dapat merasakan langsung hasil pembangunan di daerah ini. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran Bupati Seruyan H. Darwan Ali, beserta jajaran di Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan.

Sumber Daya Alam yang cukup berlimpah di daerah ini nampaknya belum dimanfaatkan secara oftimal, terutama di sektor perkebunan, kehutanan, perikananan, peternakan, serta kepariwisataan. Oleh karena itu peran investor sangat di harapkan, yang pada akhirnya dapat mempercepat pembangunan di daerah ini.

Salahsatu keunggulan koperatif yang dimiliki oleh Kabupaten Seruyan adalah, tersediannya lahan yang cukup luas untuk mengembangkan komoditas perkebunan, seperti tanaman kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit merupakan komoditi utama di daerah ini yang luasnya mencapai 219.866 hektare.

Pemerintah Kabupaten Seruyan telah menetapkan sektor perkebunan khususnya kelapa sawit menjadi komoditas utama bagi daerah ini, yang produksinya tercatat mencapai 314600 ton. Jumlah tersebut dihasilkan oleh 6 perusahaan besar yang telah berproduksi dan menghasilkan minyak sawit dengan rata-rata 50 ton setiap jam.

Di Kabupaten Seruyan terdapat 24 perusahaan yang bergerak di perkebunan kelapa sawit, antara lain yaitu PT.Lestari Unggul Jaya, PT.Indo Truba Tengah, PT.Kerry Sawit, PT.Krida Tama Lancar, PT. Teguh Sempurna, PT.Agro Indomas, PT.Bina Sawit, PT.Sarana Titian Permata, PT.Selonok Lodang Mas, PT.Wahana Sawit, PT.Borneo Eka Sawit, dan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Komoditas lain yang cukup menjanjikan adalah tanaman karet, yang mempunyai luas lahan mencapai 45.150 hektare, yang sejauh ini keseluruhan luas perkebunan karet di wilayah ini berstatus perkebunan rakyat yang pengelolaannya masih secara tradisional oleh masyarakat sekitar. Biasanya aktivitas pengiriman hasil tanaman karet melalui jalur air, selain lebih efisien juga biayanya lebih murah

Di daerah ini juga banyak terdapat tanaman kelapa, yang luas arealnya mencapai 38.197 hektare, tanaman kelapa yang mempunyai lahan cukup luas saat ini seluruhnya di kelola oleh rakyat sekitar. Selain kelapa sawit, karet, dan kelapa, juga masih banyak terdapat komoditi lainnya, seperti tanaman kopi yang luasnya mencapai 2.189 hektare, lada 1.393 hektare, cengkeh seluas 101 hektare, serta tanaman kakao seluas 230 hektare (Kens).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar